Mainan Anak Terlengkap

Mainan Anak Terlengkap
Mainan Anak Terlengkap dan Terjangkau

Rabu, 21 Juli 2010

Peran Mainan dalam Perkembangan Anak

Bermain berarti berinteraksi dengan orang, hewan, atau barang dalam konteks belajar atau rekreasi. Mainan merupakan suatu barang atau obyek yang dapat di mainkan. Bermain dan Mainan merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran mengenal dunia dan tumbuh kembang anak.

Untuk anak-anak bermain lebih dari sekedar bersenang-senang. Dengan mainan mereka dapat menemukan identitas dirinya, mempelajari sebab akibat, mengembangkan hubungan dan mempraktekkan kemampuan mereka. Semua itu dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.

Mainan juga berperan sebagai sarana mendidik, menggali kreativitas anak, dan mengembangkan kemampuan fisik dan mental yang sangat berguna sampai kelak mereka dewasa.

Yang perlu diingat adalah tidak semua mainan cocok untuk semua usia. Sebagai orang tua kita harus bisa memilih mainan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Contohnya untuk bayi, mereka memerlukan mainan yang menggunakan suara, warna yang mencolok dan tekstur yang unik dan aman. Untuk anak usia 3 tahun keatas, udah bisa dikenalkan dengan puzzle sederhana untuk merangsang mereka berpikir memecahkan masalah.

Peran mainan dalam pekembangan anak sangatlah penting, dan merupakan tahapan yang tidak bisa di lewatkan begitu saja.

Artikel : Mainan anak