Mainan Anak Terlengkap

Mainan Anak Terlengkap
Mainan Anak Terlengkap dan Terjangkau

Jumat, 23 Juli 2010

Melatih Daya Ingat Anak

Untuk mempersiapkan diri memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seorang anak harus dilatih memampuan daya ingat sejak dini. Dengan kemampuan mengingat yang baik, di harapkan anak akan lebih cepat memahami, menangkap, mengerti dan menerima pelajaran di sekolah. Ini akan membuat anak lebih mandiri dan percaya diri.

Untuk melatih daya ingat anak yang baik, Anda bisa menggunakan berbagai cara dan stimulasi. Mulailah dari stimulasi yang sederhana, kemudian Anda bisa mengembangkannya menjadi sulit seiring dengan perkembangan anak.

Ada beberapa permainan yang dapat di terapkan di rumah untuk melatih daya ingat anak. Bentuk stimulasi yang paling efektif salah satunya adalah tebak gambar. Dengan melakukan permainan ini, anak dilatih untuk mengingat gambar untuk di samakan dengan pasangannya. Untuk permainan ini Anda bisa menggunakan kartu gambar yang ada dirumah.

Permainan lain yang tidak kalah menarik adalah Mencari Perbedaan. Permainan ini melatih anak untuk berfikir dan lebih teliti. Buatlah gambar yang sederhana, dan biarkan anak melakukan sendiri.

Mendongeng pun bisa menjadi sarana melatih daya ingat anak. Pilihlah dongeng yang pendek namun memiliki alur cerita yang menarik. Mulailah mendongeng dan buatlah anak tertarik dengan dongeng Anda. Di tengah-tengah cerita, Anda bisa berhenti dan menanyakan kembali nama tokoh-tokoh yang telah Anda sebutkan, atau sepenggal cerita dari dongeng yang telah Anda bacakan. Bila anak tidak mampu, Anda bisa membantunya dengan memberikan petunjuk-petunjuk yang mengarah.

Jangan lupa untuk memberikan pujian pada anak apabila mereka berhasil menyelesaikan permainan atau stimulasi dengan baik. Begitu pula sebaliknya, jika anak tidak berhasil, berikan kata-kata positif padanya agar anak tidak patah semangat dan kecewa.